Saturday, September 11, 2010

-Hari guru-

Happy Teacher's Day : ), 教师节快乐!

Hari ini password kemana pun kita pergi di Changsha, 4 kata itu. lucu ya, semua orang ribetttt ngerayain ini dengan ngasih bunga, ngasih hadiah ke guru2 mereka.

Nah, hari ini ceritanya, saya msti ke rumah Advisor kita, bersama 10 murid lainnya kita pegi deh ke rumahnya, ya sama. Ngasih upeti : ). Ada beberapa kejadian aneh sebenernya yang saya pikir AGAIN saya ngalamin culture shock yang udah lamaa
banget ga saya alamin n bkin sdikit lebih bahagia ( secara 2 bulan ini daerah skola, n dorm saya sepi, smua pada libur) :

1. Buanyaknya orang, maaaakk kemana2 kesenggol2 n smua mau apa2 ngantri, mending ngantri bener, ngantrinya ya siapa kuat dan cepat dan GALAK bakal dapet dluan. Dimana pun kapan pun, bahkan waktu mau beli naicha.

2. Kalo udah jam 5 sore,n sedang merayakan hari guru jangan ngarep bisa naek taxi. Bus akan jadi sarana transportasi terbaik namun tak bersahabat. Uda lama saya ga naek bus se- rame itu, mau naek aja lari2 masuknya nempel sama semua badan orang. fiuhh... ^ _^.

3. Kejadian lucu : saya bingung waktu mau masuk ke rumah Advisor saya, kog smua tiba2 diem and mulai kerasak keresek ngeluarin plastik warna biru. Dan semua sibuk ngebungkus kaki yang masih bersepatu dengan plastik itu. Sebenernya ini niat banget n i guess this is a very thoughtful deed ya, jadi ga ribet lepas2 sepatu, tpi goal utama nya itu yang bkin saya geuli sendiri. "Biar rumah si laoshi ga kotor karena spatu kita, terus biar dia gausah sibuk ngambilin slippers buat 11 orang" hummm.. nah alasan ini ampir bkin saya ngakak. Di pikiran saya, yaaa namanya juga namu, kalo ngotor2in lantainya dikit gapapa kali ya, resiko nge-host. Kita jg kan bakal buka sepatu deket pintu, bukan yang kesana kemari pake sepatu. Trus saya ga berenti natap 1 anak, yang kayanya tuh renzhen banget ga membiarkan sedikit pun plastik itu ga nutupin sepatu dia, tapiiiiiiiiii ada beberapa plastik yang dia ga pake, dibuang gitu aja di depan apartemen si laoshi. jadi deh berantakan, n dia tak merasa apa2. : ). ironi : )

4. Begitu sampe di rumahnya, kami smuaaaa kaya dengerin petuah for almost 2 hours. Sayaaaa humm baru beneran berasa skolah lagi, secara dlu skola di dkv jg gada yang diem adem ayem dengeriiiinnnn aja tanpa tanya mana contohnya dll. :).

5. N yang terakhir ini yang paling bkin saya kaget......
ceritanya demi upeti itu kita urunan uang..... ada 11 orang, sebenernya begtu orang2 sibuk bawa2 saya rada pengen ketawa ya, kenapa si laoshi hari gene dbeliin nya susu, yoghurt, liang teh yang itu loh di indo jg banyak, lupa lagi merk apa, wang luo something. trus ada teh dll. sisanya saya gatau pada beli apa. Ya secara saya ga ikut belanja,tpi smua berupa bahan makanan, ya saya iya2 aja waktu disuru urunan. N saya KAGET banget waktu dibilangin 1 orang suru bayar 70 kuai, n 11 orang it means 770 kuai = Rp. 1 jt an. Saya kaget tapi jaim, tetep ngasih dengan tenang. tpi ga berenti mkir, apa2an yaaaa, 770 kuai, trus belinya sembako, itu yang bkin saya aneh sih. Kalo beliin barang berharga kaya misal, tas, bolpen, jam tangan, apa keg ya yang emang nominalnya worth it 770 kuai, ya saya gakan bertanya2.
Dan saya langsung nyadar.. oh iya ini China, they have their own culture.
Tapi di sepanjang jalan saya mikir, kenapa anak2 jaman gni masih adza ngasih bahan2 kaya susu dll ya, ehm i guess mereka pnya alasan. tiba2 muncul deh cerita si laskar pelangi di kepala, inget si ibu guru yang dibayarin pake beras n sembako.. Mungkin ini dlu tradition mereka, dlu kan china miskin tuh, smentara smua orang tetep harus dapet pendidikan, jadi mungkin mereka dibayar n dihargai dengan sembako. itu siihh kesimpulan saya.... Jadii besok saya mau tanya sama mereka orang2 china, mengapa begini mengapa begitu hehheh ..

Yaudah segitu dlu aja keanehan2 nya saya ceritain...

Besok2 pasti jadi banyak ehhehh : ).

1 comment:

  1. wit...terusannya gimanaaa, gw mau ngakak baca yg satu inii lu tuh lucu amat ya cara berpikirnya wakakakakaka, ayoo terusin tuh kata-kata " besok2 pasti jadi banyak ehehehehe" penasaran gw ;)

    ReplyDelete